Sabtu, 03 Oktober 2020

Manajemen Pemasaran Industri

Nama : Muhammad Jaser Dinhaq

Kelas : 4EA28

NPM : 16217838


Sebelum mengetahui apa itu manajemen pemasaran industri, kita harus mengetahui pengertian dasarnya,

Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya

Kebutuhan adalah suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari

Keinginan adalah hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam

Permintaan adalah keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli

Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi 

Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.

Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.

 

Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen

Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran kinsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain

Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.

Pembelian Organisasional adalah proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal dalam menetapkan kebutuhan produk, mengiden tifikasi menilai dan memilih berbagai alternatif merek dan pemasok

Tiga pasar organisasi :

1.       pasar industri

2.       pasar penjual kembali

3.       pasar pemerintah

 

Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen

Pemasaran Industri

Karakteristik pasar: terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit

Karakteristik produk: kompleks , customized

Karakteristik promosi : personal selling

 

Pemasaran Konsumen

         Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal

         Karakteristik produk:

                lebih standar

         Karakteristik promosi : lebih ke advertising

 

Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen

Pemasaran Industri

Karakteristik pelayanan:

sangat mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan karakteristik harga lelang kompetitif dan  negosiasi 

 

Pemasaran Konsumen

Karakteristik pelayanan: tidak terlalu mementing-kan pelayanan, waktu pengiriman &    ketersediaan

Karakteristik harga: list prices & maximum retail price (MRP)

 

Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen

Pemasaran Industri:

Perilaku pembeli: melibatkan berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja

Saluran distribusi: lebih langsung

 Pemasaran Konsumen:

Perilaku pembeli :

                melibatkan anggota keluarga

                keputusan pembelian lebih didasarkan kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis

Saluran distribusi: tidak langsung & berlapis

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar