Nama : Muhammad Jaser Dinhaq
Kelas : 4EA28
NPM : 16217838
Sebelum mengetahui apa itu manajemen pemasaran industri, kita harus mengetahui pengertian dasarnya,
Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya
Kebutuhan adalah suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari
Keinginan adalah hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam
Permintaan adalah keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi
Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah
tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan
Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan
pemasaran kinsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya
seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan
antara penjual dan pembeli produk.
Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan
jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual,
disediakan atau di pasok keperusahaan lain
Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud
adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau
jasa untuk pemakaian pribadi.
Pembelian Organisasional adalah proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal
dalam menetapkan kebutuhan produk, mengiden tifikasi menilai dan memilih
berbagai alternatif merek dan pemasok
Tiga pasar organisasi :
1.
pasar industri
2.
pasar penjual kembali
3.
pasar pemerintah
Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen
Pemasaran Industri
Karakteristik pasar: terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit
Karakteristik produk: kompleks , customized
Karakteristik promosi : personal selling
Pemasaran Konsumen
•
Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal
•
Karakteristik produk:
lebih standar
•
Karakteristik promosi : lebih ke advertising
Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen
Pemasaran Industri
Karakteristik pelayanan:
sangat mementingkan pelayanan, waktu
pengiriman & ketersediaan karakteristik harga lelang kompetitif dan negosiasi
Pemasaran Konsumen
Karakteristik pelayanan: tidak terlalu mementing-kan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan
Karakteristik harga: list prices & maximum retail price (MRP)
Perbedaan Pemasaran Industri dan
Konsumen
Pemasaran
Industri:
Perilaku pembeli: melibatkan
berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan pada
kinerja
Saluran distribusi: lebih langsung
Perilaku pembeli :
melibatkan
anggota keluarga
keputusan
pembelian lebih didasarkan kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis
Saluran distribusi: tidak langsung & berlapis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar